Twitter LinkedIn Pinterest RSS Feed

May 4, 2009

Nostalgia Masa SD

Siapa sih yang tak suka mengenang masa lalu alias bernostalgia? Memori-memori baik yang menyenangkan mau pun tidak menyenangkan yang telah kita simpan dengan rapi di bilik-bilik otak kita memang selayaknya sesekali kita kunjungi. Sekedar untuk melepas rindu dan sebagai materi pembelajaran dalam hidup.

Saat ini, di situs paling hot di Indonesia saat ini, Facebook, network saya sedang berbondong-bondong meng-upload foto lama atau lebih afdol kalau disebut foto-foto jadul (= jaman dulu). Mulai dari foto-foto SMA (maklum, saya masih termasuk kalangan 20-something sehingga masa kuliah belum dianggap jadul), foto-foto SMP, dan foto-foto SD! Rasanya menarik sekali melihat begitu banyak perubahan yang terjadi di antara teman-teman sendiri.

Ada yang dulu gemuk, sekarang menjadi kurus. Ada pula kebalikannya. Ada yang dulu terlihat sangat cupu (= culun punya) sekarang menjadi seorang fashionista. Ada yang dulu masih sangat lugu ternyata sekarang sudah berkeluarga. Ada yang terlihat biasa-biasa saja, ternyata sekarang sudah melanglang buana. Ada yang dulu begitu popular di sekolah, sekarang menghilang entah kemana. Beragam cerita bisa kita sambung-sambungkan sendiri yang akhirnya berubah menjadi gosip kalangan tertentu.

Jangan salah, saya juga termasuk pencinta hal-hal yang berbau nostalgia. Pada fase saat ini, saya merindukan teman-teman saya dari SD/SMP saya di AMBON. Sepuluh tahun sudah berlalu, begitu banyak yang telah berubah. Begitu banyak pula yang tidak berubah.

Ayo tebak. Saya yang mana?

Entah mengapa, kami anak-anak Ambon ini cukup terikat satu dengan yang lain. Rasanya 10 tahun itu hanya sekejap mata. Lulusan SD Xaverius A2 dan SMP Katolik Ambon banyak yang telah berkarir dan berdomisili di Jakarta, Surabaya, dan Manado. Yang masih setia bolak-balik ke Ambon pun masih ada.

Untuk sedikit mengobati rasa rindu, kami meng-upload foto-foto masa kecil yang masih tersisa (banyak yang telah menjadi abu karena kerusuhan di Ambon tahun 1999). Terkadang, kami yang tinggal di Jakarta menyempatkan diri bertemu walau hanya beberapa jam. Makan, mengobrol dengan bahasa Ambon (tentunya), dan saling update berita-berita teman terbaru: siapa yang akan menikah, siapa yang menjadi apa, siapa yang tinggal dimana, dll. Sayang saya belum sempat menilik teman-teman yang di Surabaya.

Wah, sudah 10 tahun berlalu ya... *jumpalitan*
Mungkin sudah tepat saatnya untuk REUNI akbar!?

----
update 29 March 2010!

Yang mau kangen-kangenan (khususnya Angkatan 1996) bisa gabung di Facebook group :)

P.S. SD Xaverius now is even on Foursquare! ;)

0 comments:

What say you?