Twitter LinkedIn Pinterest RSS Feed

Sep 24, 2004

Perbedaan setiap manusia

4.46 pm.
14 minutes to go.

Tapi hari ini ga pulang ke rumah.. sie kayanya.
Kemungkinan besar boleh nginep di bea... setelah acara ngerayu panjang lebar semalem. Mijitin papa sampe bosen deh pokoknya.. sambil cerita2. Seneng bgt deh klo misalnya mama papa mau cerita soal mereka dulu.. kisah cinta yang rada2 rumit karena mereka dari 2 ras yang berbeda. Batak dan Jawa, dua suku bertentangan.. harus ada salah satu yang ngalah.

Dulu tuh.. sebenernya ompung doli (baca:opung doli, sebutan batak untuk kakek) udah wanti2 ke mama biar jangan kawin sama orang jawa! Mama juga waktu itu (masih di Siantar sana) harusnya disuruh ke Malang, tapi malah kabur ke Jakarta. Di Jakarta itulah mama ketemu sama papa, yang (katanya papa) petualang cinta. Dulu juga papa pernah punya pacar cewe cina (baca: tionghoa) *ternyata...* tapi cintanya ga bisa berlanjut soalnya ga direstuin *biasa lah...*

Mama dulu pas pacaran sama papa juga banyak masalah. Pertama2nya juga ga dianggep sama mbah kakung (sebutan jawa untuk kakek) tapi ya mama papa keukeuh aja. Klo ada cuti, pasti mama ke jogja, maen di sana, nginep di sana, masak2 barengan sama keluaranya papa (waktu itu masih jaman arang) di dapur.. gue punya looh fotonya. Katanya, itu hasil fotonya papa.

Setelah beberapa tahun pacaran, papa tanpa basa basi langsung telpon ke Siantar and ngomong soal rencana nikah ke ompung boru (baca: opung boru, sebutan batak untuk nenek), yang untungnya ga masalah soal perbedaan ras. Waktu itu, ompung doli udah meninggal. Bayangin aja.. itu sekitar 21-22 tahun yang lalu. Sampe mama papa nikah di Gereja Ganjuran, Bantul.. mereka masih aja punya banyak tantangan, apalagi dari keluarganya papa. Mama bilang sih.. ya mo gimana di cuekin aja.. kan harus jalan terus. Kalo dulu mama papa stuck and menyerah, ga mungkin ada gue donk sekarang ini. Gue aja bingung.. gimana caranya dulu mereka sampe ketemu and jatuh cinta ya? Lucu.. lucu..

Lucunya karena sekarang ini gue juga punya cowo yang beda ras nya. Dan, mau ga mau, kita harus menghadapin segala macam ke-extrim-an jaman ini. Banyak yang udah kita lewatin.. tapi masih banyak lagi yang masih harus kita hadapin, if we want to stay together. Ga mudah emang klo kita hidup di negara and culture yang masih memandang dari atas ke bawah tentang segala hal and masih terlalu strict untuk menerima perbedaan.

Hope we can make it.

2 comments:

  1. wah banyak cerita

    ReplyDelete
  2. baru baca ulang cerita ini..
    jadi terharu sendiri

    ReplyDelete

What say you?