Twitter LinkedIn Pinterest RSS Feed

Dec 10, 2010

Perang tarif antar provider!

Perang tarif antar provider? Itu hal biasa.

Kalau dilihat-lihat beberapa tahun lalu, provider2 berusaha tampil ekslusif dan keren. Sekarang, semuanya banting harga dan berani tampil "murah"!

Persaingan tidak berhenti di situ saja. Semakin terbuka dan berani. Provider A "mengolok" provider B-C-D yang adalah saingannya lewat TV-commercials. Mulai dari hanya bermain adu warna (tiap provider biasanya diasosiasikan dengan warna tertentu. Indosat kuning, Telkomsel merah, XL biru, Axis pink, Esia hijau, etc) sampai ke saling ejek "tagline". Yang terbaru adalah.. saling bajak icon!

Yupe! Kasus yang sedang hot saat ini adalah Sule. Bagi yang tidak tahu, Sule adalah seorang komedian terkemuka dan sedang laris di Indonesia saat ini. Beberapa bulan lalu, dia sign contract dan jadi bintang iklan untuk XL. Berikut iklannya yang saya ambil dari Youtube.

XL Nelpon Rp. 25/ Menit (Versi Sule-Baim-Putri Titian)


Selang beberapa waktu, saya cukup kaget ketika melihat Sule tiba-tiba muncul di sebuah iklan, dengan pakaian serba merah yang ternyata adalah iklan AS (Telkomsel), notabene saingannya XL. Di scene terakhir dia pun berkata "Kapok dibohongin sama anak kecil!". Anak kecil di sini maksudnya adalah Baim, si bintang iklan cilik di seri iklan XL.

Ini dia iklannya saya ambil dari Youtube.

Kartu AS Telkomsel Rp. 20/ Menit (Versi Sule)


Entah apa yang terjadi dibalik saling bajak ikon ini. Mungkin ya karena kontrak dan tawaran yang diberikan AS kepada Bung Sule lebih besar hahaha... Well, selama kita masih membutuhkan provider untuk telp-sms-internet, dll.. perang provider pun akan tetap berlangsung!

Sit back and enjoy the show :)

2 comments:

What say you?